Mengerikan! Ini Bahaya Nonton Aksi Bunuh Diri Live di Facebook

Pahinggar Indrawan, 36, yang menyiarkan aksi bunuhnya diri live di facebook. (Youtube)

Pahinggar Indrawan, 36, yang menyiarkan aksi bunuhnya diri live di facebook. (Youtube)

POJOKBANDUNG.com – Banyak pihak menyayangkan aksi bunuh diri yang disiarkan live di Facebook. Padahal di balik tayangan tersebut, ada efek sangat negatif.

Kabid Pemenuhan Hak Anak pada Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Reza Indragiri Amriel menegaskan, tindakan pelaku bunuh diri tersebut jelas salah. Ia pun meminta masyarakat tidak menonton aksi tersebut.

“Apa yang dilakukan  teman-teman pelaku pada saat melakukan aksi tersebut? Jangan-jangan ini wujud bystander effect, yakni semakin banyak orang melihat kejadian tragis, kian rendah kecenderungan orang untuk menolong,” kata Reza kepada JPNN (Pojokbandung Group).

Dulu bystander effect terjadi di dunia nyata. Sekarang terjadi di dunia maya.

Psikolog forensik ini menyarankan masyarakat tidak menonton aksi-aksi tersebut karena bisa mendorong copycat suicide.

Yaitu orang yang mengakhiri hidupnya bukan karena depresi kronis, tapi karena kurang wawasan dan terinspirasi oleh aksi yang pernah ditonton sebelumnya (peniruan)‎.

“Demi kepentingan umum, saya berharap polisi bisa menutup akun tersebut. Berkat medsos, kelakuan ini bisa sangat mudah menular (suicide contagion),” tegasnya.

“Kita boleh bersedih, merasa kehilangan. Namun demi kepentingan bersama, pesan yang harus kita garis bawahi adalah aksi tersebut salah besar! Salah! Salah! Jangan ditiru!”

Ia menegaskan, tindakan tersebut tidak menyelesaikan masalah. Sebaliknya, malah justru memperlebar dan menularkan masalah.

Sebelumnya diberitakan seorang pria bernama Indra melakukan aksi nekat bunuh diri. Detik-detik sebelum aksi nekat ini  disiarkan langsung lewat Facebook-nya, Jumat (17/3/2017).

(imn/esy/pojokbandung)

loading...

Feeds

Hujan badai di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan Badai Kembali Terjang Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Prediksi BMKG seputar belum akan meredanya fenomena hujan disertai angin kencang dan butiran es di Kota Bandung terbukti. …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …