Bantuan Dana Hibah Parpol Tembus Rp 900 Juta

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Kesbangpol Kab Bandung Barat mengalokasikan dana hibah bagi ormas Islam dan LSM senilai Rp4,4 miliar tahun 2017. Jumlah itu lebih besar ketimbang tahun 2016 sebesar Rp1,8 miliar.

Selain itu, seperti diutarakan Kepala Kesbangpol Kab Bandung Barat, Ade Sudiana, partai politik (Parpol) juga mendapatkan bantuan bernama bantuan keuangan partai politik.

Bantuan parpol dihitung berdasarkan jumlah suara masing-masing parpol yang dihitung untuk satu suara sebesar Rp1.200.

“Tinggal dikalikan saja berapa suara yang ada di parpol tersebut. Misalkan pada Pileg 2014 lalu suara terbanyak ada di PDI Perjuangan, maka bantuan keuangannya juga tertinggi mencapai  Rp119 juta/tahun. Begitu juga dengan parpol lainnya tentu nilainya berbeda bergantung pada jumlah suara,” beber Ade.

Saat ini, ada sebelas parpol yang mendapatkan bantuan. Total bantuan mencapai Rp900 juta untuk semua parpol. Pencairan dilakukan secara dua tahap dalam satu tahun disesuaikan jadwal pencairan yang sudah ditentukan.

“Bantuan bagi parpol mengacu pada aturan dari Kemendagri turun ke provinsi dan kabupaten/kota,” tuturnya.

Belum lama ini, Kesbangpol mengundang perwakilan parpol untuk mensosialisasikan hal ini. Diharapkan, setiap parpol bisa mengikuti aturan yang sudah ditentukan, termasuk menunggu proses pencairan dilakukan.

“Kami sudah mengundang semua parpol. Di antaranya menjelaskan soal proses pencairan dan teknis lainnya. Supaya tidak ada kesan pencairan diperlambat dan lain-lain. Makanya kita komunikasikan dengan semua parpol,” pungkasnya.

(bie)

loading...

Feeds

PAUL POGBA

Paul Pogba Sambut Ramadan di Tanah Suci

POJOKBANDUNG.com- BINTANG Manchester United, tampaknya ingin merayakan bulan Ramadan tahun ini dengan lebih khidmat. Sebab, ia memulai puasa pertamanya dengan …