Manfaatkan Aset, PDAM Tirtawening Akan Bangun Ini

PDAM Tirtawening Kota Bandung

PDAM Tirtawening Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com. BANDUNG–Manfaatkan aset, Perusahaan Daerah (PDAM)‎ Tirtawening Kota Bandung akan membangun taman dan gedung parkir di lahan seluas 11 ribu meter persegi di Jalan Badaksinga.

“Daripada banyak yang menganggur, saya sarankan aset milik PDAM dimanfaatkan,” ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Jumat (17/3).

Di lahan ini, akan dibangun taman Tirtawenung dan satu gedung parkir dengan kapasitas 500 mobil 1000 motor. Selain itu, ada fasilitas taman cetek, perpustakaan dan toilet.
Menurut Ridwan Kamil, masih banyak lahan milik PDAM yang belum dimanfaatkan. Ridwan Kamil mengingatkan, jangan sampai lahan-lahan tersebut diserobot pihak ketiga.

“‎Bisa disewakan bisa dikerjasamakan. Asal jangan seperti di Maribaya digugat dan diakun,” tandasnya.‎

Untuk tahap pertama, rencananya, dilakukan pembangunan taman air (Tirtawening Park), untuk selanjutnya gedung parkir akan di‎bangun tahun berikutnya.

Sementara, Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi‎ mengatakan, aset PDAM yang nganggur kalau dihitung bisa ratusan. Lokasinya ada di sekitar KBB, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

“Kalau dihitung-hitung ada 150 titik lokasi, ukurannya mulai 100 meter persegi sampai hektaran,‎” kata Sonny.

Disinggung mengenai nilai aset, Sonny mengaku tidak tahu persisnya, karena NJOP di masing-masing lahan berbeda. Bentuk lahannya sendiri, ‎untuk lahan di luar Kota Bandung bentuknya lahan kosong, untuk yang ada bangunannya kebanyakan di Kota Bandung.
Disinggung rencana membuat taman air, Sonny mengatakan, berawal dari perwal yang menyatakan BUMD harus mengoptimalkan aset untuk kepentingan ekonomis.

“‎Artinya dari pada aset nganggur tidak optimal diaktifkan. Bisa dengan kemampuan sendiri dibangun atau dimanfaatkan,” tegasnya.

‎Lahan seluas 11 ribu meter persegi yang akan dibangun, menjadi hak pengembang. Bagi PDAM, yang penting konstruksinya tidak membahayan infrastruktur dan memberikan kemanfaatan serta sesuai dengan program Kota Bandung.
‎Sistem kerjasamanya, lanjut Sonny menggunakan sistem BOT atau build opration transfer, artinya setelah dioprasikan selama 30 tahun dekola PT Aditya, akan dikembalikan ke PDAM. ‎ (mur)

loading...

Feeds