Kawasan DAS Citarum dan Cimanuk Jabar Siap Dihutankan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar memastikan upaya reforestasi atau penghutanan kembali lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dan Cimanuk. Upaya normalisasi akan dimulai April 2017.

Hal itu diungkapkan usai rapat Menteri LHK bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis (16/03/2017).

“Jadwal kerjanya itu April awal atau minggu terakhir Maret ini,” ungkap Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya pun menuturkan, setidaknya kerusakan yang terjadi di lahan DAS Citarum adalah seluas 18.600 hektar. Sementara kerusakan yang terjadi di DAS Cimanuk hulu sekitar 9.400 hektar.

Adapun secara teknis, upaya reforestasi DAS di wilayah Citarum dan Cimanuk Jawa Barat, akan dimulai dengan penanaman secara konvensional, yaitu dengan membagikan bibit kepada masyarakat untuk ditanam di wilayah DAS.

Sementara untuk kawasan tak berpenghuni, akan dilakukan pembibitan yang disebar menggunakan helikopter.

Siti juga menambahkan, akan dilakukan pula upaya perbaikan di hilir sungai, yaitu dengan membangun infrastruktur pendukung seperti bendungan, sumur resapan, dan lain sebagainya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan siap melakukan normalisasi sungai maupun DAS Citarum dan Cimanuk di wilayah Jawa Barat.

Aher secara khusus mengapresiasi, karena menurutnya ini adalah penyelesaian hulu yang paling besar.

“Biasanya memang di hilir yang banyak penyelesaiannya, pengerukan sungai itu yang sering jadi penyelesaian,” kata Aher.

Aher berharap, 3-4 tahun ke depan, bisa terlihat perubahan yang diharapkan.

“Prinsipnya, Jabar siap mensukseskan progam ini bersama-sama dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya,” pungkasnya.

Rapat tersebut juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

(mun)

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …