Makna di Balik Patung Harimau di Jawa Barat

patung harimau

patung harimau

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Beberapa hari terakhir sempat viral di jagad media sosial patung harimau/macan yang mukanya lucu.

Perlu kiranya netizen ketahui harimau adalah simbol yang digunakan oleh Kodam III/Siliwangi. Selain itu, harimau juga representasi warga Jawa Barat yang sering disebut Warga Siliwangi.  Mengapa demikian…?

Dahulu di tanah Pasundan ada sebuah Kerajaan Padjadjaran dengan rajanya yang bergelar Prabu Siliwangi. Selama memerintah, Prabu Siliwangi terkenal arif, bijaksana, berani, gigih, ulet dan pantang menyerah membangun kerajaan dan masyarakatnya.

Selama memimpin, ada harimau yang selalu mengikuti kemana pun Prabu Siliwangi pergi. Agar nilai-nilai luhur tersebut terus ada pada diri Prajurit Siliwangi, karena itu harimau digunakan sebagai simbol kebanggaan Prajurit Siliwangi.

Kini patung harimau telah digantikan dengan “maung” atau harimau yang dapat memperlihatkan keluhuran nilai-nilai yang telah diwariskan oleh  nenek moyang Jawa Barat.

(mun)

loading...

Feeds

Ini Sentra Wisata Hijaber dan Craft Kota Cimahi

Meski Pasar Cimindi hanya berstatus sebagai pasar tradisional, namun pengelola dan pedagangnya berupaya menjadikan pasar tersebut lebih representatif dan tidak …

Pedagang Ayam Tidak Jadi Mogok, Asal….

Para pedagang daging ayam di Bandung Raya batal menggelar aksi mogok. Sebelumnya, sebuah surat edaran telah menyebar kepada para pedagang daging …