Makna di Balik Patung Harimau di Jawa Barat

patung harimau

patung harimau

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Beberapa hari terakhir sempat viral di jagad media sosial patung harimau/macan yang mukanya lucu.

Perlu kiranya netizen ketahui harimau adalah simbol yang digunakan oleh Kodam III/Siliwangi. Selain itu, harimau juga representasi warga Jawa Barat yang sering disebut Warga Siliwangi.  Mengapa demikian…?

Dahulu di tanah Pasundan ada sebuah Kerajaan Padjadjaran dengan rajanya yang bergelar Prabu Siliwangi. Selama memerintah, Prabu Siliwangi terkenal arif, bijaksana, berani, gigih, ulet dan pantang menyerah membangun kerajaan dan masyarakatnya.

Selama memimpin, ada harimau yang selalu mengikuti kemana pun Prabu Siliwangi pergi. Agar nilai-nilai luhur tersebut terus ada pada diri Prajurit Siliwangi, karena itu harimau digunakan sebagai simbol kebanggaan Prajurit Siliwangi.

Kini patung harimau telah digantikan dengan “maung” atau harimau yang dapat memperlihatkan keluhuran nilai-nilai yang telah diwariskan oleh  nenek moyang Jawa Barat.

(mun)

loading...

Feeds

Hujan badai di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan Badai Kembali Terjang Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Prediksi BMKG seputar belum akan meredanya fenomena hujan disertai angin kencang dan butiran es di Kota Bandung terbukti. …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …