Wabah Flu Burung di Cimahi, Perketat Lalu Lintas Unggas

Petugas Puskeswan Cimahi melakukan pemusnahan unggas di Kampung Lembur Sawah, RT02/14, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan. (Gatot Pudji)

Petugas Puskeswan Cimahi melakukan pemusnahan unggas di Kampung Lembur Sawah, RT02/14, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan. (Gatot Pudji)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pasca-pemusnahan unggas positif terkena flu burung (H5N1) di Cimahi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar, Doddy Firman Nugraha menegaskan perlunya pengetatan pengawasan lalu lintas unggas.

Saat ini, kandang-kandang unggas yang terinfeksi di kota yang berbatasan dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat itu sudah banyak yang kosong, disterilisasi dengan desinfektan, divaksinasi, dan lainnya.

Maka pengetatan pengawasan lalu lintas unggas di Cimahi perlu dilakukan. “Sekarang Cimahi kewaspadaan dini saja,” ujar Doddy, kepada wartawan, Kamis (16/3/2017).

Sebelumnya, sekitar 900 ekor unggas di Kampung Lembur Sawah, RT02/14, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan mati mendadak akibat flu burung.

Dari 900 ekor itu terdapat sebanyak 340 ekor bebek, 155 ekor ayam dan 100 ekor entok.

Sisanya, 305 yang sudah terjangkit flu burung dimusnahkan agar tidak menyebar terhadap unggas lainnya.

Warga setempat sebenarnya sudah curiga dengan kematian ratusan ternak unggas mereka. Sebab dalam sehari banyak unggas yang mati mendadak.

“Saya curiga ternak disini kena flu burung. Saya langsung lapor ke dinas terkait untuk diperiksa,” ujar Aos Hasan Ketua RT 02 kampung Lembur Sawah, Rabu (15/3/2017).

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Cimahi, Huzen Rachmadi mengatakan, memang terdapat ciri-ciri fisik di leher, mata dan pergerakan unggas semuanya tidak normal.

“Kita ambil sampel darah hewan, lalu dibawa ke Balai Penanggulangan Veteriner di Lembang dan betul hewan ini positif flu burung,” kata Huzen saat ditemui di Kantor Puskeswan Cimahi Jalan Sukimun.

(atp/gat/pojokbandung)

loading...

Feeds

Ignis memimpin penjualan city car. (Muhammad Ali/Jawa Pos)

Ignis Rajai Penjualan City Car

POJOKBANDUNG.com- PENDATANG anyar Suzuki Ignis membuat debut yang meyakinkan. Pada periode Juni, Ignis mengudeta Honda Brio sebagai pemuncak penjualan di …