PKL Jalan Purnawarman Minta Jualan Lagi di Pinggir Jalan

ilsutrasi

ilsutrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– ‎ Pedagang Kaki Lima (PKL) Jalan Purnawarman minta berjualan lagi di pinggir jalan. Soalnya, tempat relokasi yang selama ini digunakan, tengah dibangun gedung parkir oleh manajemen Istana BEC.

“Kami tahu, ini (parkiran BEC, red) akan dibangun gedung parkir, banyak alat berat dan akan mengganggu. Kalau terjadi kecelakaan, siapa yang akan tanggungjawab,” ujar salah seorang PKL Jalan Purnawarman Jalal Saputra, kepada wartawan, Kamis (16/3).

Jalal mengatakan, pihaknya ingin kembali berjualan di trotoar, tapi berjanji akan menaati peraturan yang diberlakukan Pemkot Bandung.

“Jalan Purnawarman ini kan zona kuning PKL, jadi sebenarnya bisa dipakai berjualan asal dengan syarat-syarat tertentu. Kami berjanji siap untuk mematuhi syarat-syarat tersebut,” papar Jalal.

Jalal berjanji, kalau pembangunan sudah selesai, pihaknya akan kembali ke area yang diperuntukkan berjualan.

“Kalau pembangunan gedung parkir selesai, kami janji akan kembali ke tempat semula. Lagi pula, pihak BEC berjanji kami boleh menempati tempat semula,” tambahnya.‎

Area parkir BEC di Jalan Purnawarman mulai kemarin memasuki tahapan pembangunan gedung parkir. Dengan menggunakan banyak alat berat. ‎
Karenanya untuk sementara tidak bisa digunakan berjualan bagi para PKL.‎
Sebenarnya, pihak BEC sudah memberikan solusi kepada PKL untuk berjualan di basement 5. Namun para PKL menolak, dengan alasan ruangan pengap dan pembeli akan berkurang.

“Selain itu, dana untuk iuran listrik dan PDAM pasti bertambah. Kalau untuk PKL kan tarifnya menengah bawah, kalau sudah di BEC, tarifnya menengah ke atas,” terangnya.

Perbedaan tarif ini, yang menjadi keberatan PKL, mengingat pendapatan mereka sejak direlokasi ke lahan parkir BEC juga berkurang.

“Kami hanya mendapat penghasilan kira-kira R‎p1,5 juta per bulan,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, perwakilan dari pihak BEC, Roni Gunawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan pihak Pemkot Bandung dan PKL. Mereka sepakat untuk memberikan lahan di basement 5. Roni mengakui hingga sekarang belum ada titik temu untuk masalah ini.

“Tapi sepertinya pihak PKL menolak,” tambahnya.

R‎oni mengatakan, untuk masuk ke BEC pun hanya bisa menampung 10 PKL. Pasalnya, sudah di dalam sudah ada pedagang UMKM.

“Sebenarnya, Pemkot Bandung juga menyarankan untuk pindah ke tempat yang sudah disediakan. Tapi ya keputusan ada ditangan PKL sendiri. Bagi kami, yang penting kami sudah memberikan solusi,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Satgasus PKL Priana Wirasaputra mengatakan, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan pimpinan agar segera mendapatkan solusi.

“Kami pasti usahakan agar PKL bisa berjalan secepatnya,” tambahnya. ‎(mur)

loading...

Feeds

Persib resmi mengontrak Carlton Cole. Foto: Ramdhani

Carlton Cole Nomor 12 di Persib

Persib menjadi tim bertabur bintang internasional. Setelah Michael Essien, kini Carlton Cole, eks striker Timnas Inggris diperkenalkan di Bandung, Kamis …
motogp

Thailand Gelar Balapan MotoGP 2018

POJOKBANDUNG.com- SATU lagi negara Asia Tenggara akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP 2018. Thailand dipastikan bakal menggelar balapan kelas premium …