Perampasan Buku Mahasiswa di Bandung, Kampus Harus Minta Maaf

Demo menolak pemberangusan buku di Bandung. Foto: Istimewa

Demo menolak pemberangusan buku di Bandung. Foto: Istimewa

POJOKBANDUNG.com – Komite Rakyat Peduli Literasi menuntut Telkom University (Tel-U) meminta maaf kepada seluruh aktivis akademik, pegiat literasi dan rakyat Indonesia.

Tuntutan disampaikan terkait perampasan buku oleh pihak kampus yang berujung skorsing terhadap tiga mahasiswa.

Perwakilan Komite Rakyat Peduli Literasi, Barra Pravda mengatakan, sikap kampus secara tidak langsung sudah mencederai nilai-nilai demokrasi.

“Harus meminta maaf dan bertanggungjawab,” tandasnya, kepada sejumlah awak media di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Kamis (16/3/2017).

Ia menegaskan, buku adalah media untuk mengingat peradaban. Melalui buku distribusi ilmu pengetahuan bisa disampaikan kepada semua orang.

“Artinya, siapa yang melarang ilmu pengetahuan secara tidak langsung telah menghancurkan peradaban,” tegasnya.

Komite Rakyat Peduli Literasi sangat menyesalkan sikap kampus yang tidak berpihak pada kebebasan literasi, khususnya membaca buku-buku kiriPadahal, kebebasan mengakses literasi dan berekspresi dijamun undang-undang.

Sebelumnya, Komite Rakyat Peduli Literasi berdemonstrasi di Yayasan Telkom, Cisangkuy, Bandung, Selasa, (14/03/2017).

Aksi itu dipicu diskorsnya tiga mahasiswa Tel-U. Dua dari tiga mahasiswa diskors karena membuka komunitas Perpus Apresiasi dengan program lapak baca gratis di selasar kampus, di mana lapak baca tersebut menyediakan buku-buku berhaluan kiri (sosialisme, komunisme). Buku tersebut bagi pihak kampus tidak boleh beredar.

Sedangkan seorang mahasiswa lagi diskor karena terlibat Komite Rakyat Peduli Literasi yang berdemonstrasi membela kebebasan literasi. Mahasiswa ini juga dituding memimpin demonstrasi.

(cr1/imn/pojokbandung)

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Bangun Ekonomi Rakyat, DPD Sosialisasi LPDB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Peran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sangat strategis untuk membantu pengembangan ekonomi kerakyatan …

Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

Perda Kepemudaan Harus Diimplementasikan

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.

Pilgub, Peran Ulama-Ponpes Strategis

Pesantren tidak hanya sebagai tempat kaderisasi pembinaan, pencerahan para santri dalam melahirkan generasi muda Indonesia, tapi juga terdepan dalam perang …