Lalu Apa yang Bisa Diharapkan Persib dari Michael Essien?

Michael Essien berfoto bersama manajemen Persib sambil menunjukkan jersey Persib bernomor punggung 5.  Foto: Ferry Prakosa

Michael Essien berfoto bersama manajemen Persib sambil menunjukkan jersey Persib bernomor punggung 5. Foto: Ferry Prakosa

POJOKBANDUNG.com, PERSIB-  Mengapa Persib Bandung mendatangkan Michael Essien? Kedatangan Michael Essien salah satunya dipicu gemerlap pentas Liga Super China dengan kehadiran sejumlah pemain dunia.

Seperti diketahui, nama-nama pemain, seperti striker Brasil, Robinho hingga Ramires hijrah dari tim raksasa Liga Inggris Chelsea, ke klub China. Teranyar, Carlos Teves dan eks pemain Chelsea lainnya, Oscar ikut meramaikan ekpansi ke Tiongkok.

Tidak hanya pemain, akan tetapi juga pelatih seperti Sven-Goran Eriksson yang sempat menukangi Inggris serta Luiz Felipe Scolari, mantan arsitek Portugal juga ikut terjun membesut klub tajir di China.

Ekspansi besar-besaran itu pun diklaim sebagai salah satu penyebab bangkitnya sepakbola Negeri Panda.

Direktur Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Teddy Tjahyono mengakui, kedatangan Michael Essien tak hanya untuk membantu Persib. Teddy menyebut, ada tujuan lain dibalik upaya pihaknya mendaratkan Essien.

Apa? “Mudah-mudahan Essien kerasan dan membuat teman-temannya yang lain mau datang kesini sehingga Liga Indonesia lebih maju lagi,” harap dia. Teddy tak membantah kehadiran Essien akan memberikan banyak keuntungan, tidak cuma dari sisi komersial.

“Kita sebagai pelaku industri sepak bola. Kita sama-sama membangun dengan stakeholder lainnya untuk sama- sama memajukan sepakbola nasional. Kalau semua industry sepakbola maju, pembinaan maju, mudah-mudahan Indonesia 15-20 tahun lagi bisa maju di world cup,” harapnya lagi.

Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman sendiri meyakini Essien bisa menjadi ‘umpan’ bagi tim-tim di Indonesia. “Kita tahu Essien pemain yang sangat terkenal akan meramaikan kompetisi di Indonesia. Ketika mendatangkan pemain dunia, kompetisi akan ramai,” ungkap Djadjang.

Michael Essien pun berharap kedatangannya di Indonesia dapat memberikan dampak baik. “Semoga saya bisa membantu mengembangkan sepakbola di Indonesia,” ucap Essien.

(pra)

loading...

Feeds