Pengembangan Pariwisata Perlu Dukungan Pentahelix

deddy mizwar

deddy mizwar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Berbicara pengembangan Pariwisata, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan pentingnya keterlibatan insan akademisi terkait dengan sinergitas pentahelix: pelaku bisnis, pemerintah, komunitas, dan media.

“Sinergi Pentahelix tersebut menjadi kunci mengembangkan pariwisata,” ungkap Deddy Mizwar pada kegiatan Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Pariwisata Se- Indonesia ke-III, di Hotel Mercure Bandung, Senin (14/03/2017).

Maka kegiatan Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Pariwisata yang diselenggarakan, menjadi strategis dalam mensinergikan berbagai upaya pengembangan pariwisata tersebut.

Ketika berbicara Jawa Barat, Deddy mengungkapkan bahwa Jawa Barat memiliki potensi cultural yang luar biasa. Bila dibandingkan Bali yang monokultur, Jawa Barat memiliki kultur yang beragam.

“Inilah yang perlu gali diantaranya dari segi ‘Attractiveness,’ ‘Amenities,’ atau keterediaan fasilitas, dan yang terpenting tentu ‘accessibility’ atau akses menuju kawasan wisata,” katanya.

Deddy pun mengungkapkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mencatat sekitar 46,1 juta wisatawan telah berkunjung ke Provinsi Jawa Barat selama tahun 2016. Jumlah tersebut terdiri 45 juta wisatawan lokal dan 1,1 juta wisatawan mancanegara.

Jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk tahun 2016 ke Jawa Barat tersebut melebihi target yang ditetapkan. Di mana target yang ditetapkan oleh Disparbud Jawa Barat pada 2016 sebanyak 38 juta wisatawan lokal dan 1,1 juta wisatawan mancanegara.

Sehingga pada tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mematok target hingga 46,3 juta wisatawan, dengan masing-masing 45 juta wisatawan domestik dan 1,3 juta wisatawan mancanegara. Target ini naik sekitar 20 persen dari tahun lalu.

Adapun sejumlah daerah favorit yang menjadi tujuan wisatawan lokal dan mancanegara di Jawa Barat, nomor satu adalah kawasan Bandung Raya, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, dan Bogor.

Deddy juga mengungkapkan bahwa kini Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun tengah menyiapkan Ciletuh- Pelabuhan ratu di Kabupaten Sukabumi sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

loading...

Feeds

Kemacetan terjadi di beberapa ruas jalan di Kota Bandung di libur Hari Nyepi, Selasa (28/3), salah satunya di Jalan IR.H Djuanda (Dago). Foto: Riana Setiawan

Libur Nyepi, Bandung Dibanjiri Wisatawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  Libur Hari Raya Nyepi, dimanfaatkan masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sepanjang hari ini, Selasa (28/3). Banyak masyarakat lokal yang …