Begini Prediksi BI Soal Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Tahun Ini

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Kantor Bank Indonesia Kantor wilayah Jawa Barat, Juda Agung mengatakan, tahun ini pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat diperkirakan akan lebih baik dibanding tahun lalu.

“Tahun 2017 kami perkirakan akan lebih baik, tahun lalu kan 5,67 persen, tahun ini range-nya antara 5,5-5,9 persen tapi ada kecenderungan ke arah atas. Itu Jawa Barat,” ungkap Juda usai menggelar High Level Meeting Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi Provinsi Jawa Barat dan TPID se-Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Selasa (14/3/2017).

Indikatornya, menurut Juda cukup banyak. Dari suku bunga dan kebijakan fiskal tahun ini lebih rendah dari tahun  lalu. Hingga semester dua tahun lalu kebijakan fiskal pemerintah untuk proyek-proyek infrastruktur lebih tinggi dari tahun ini.

“Tahun ini semakin rendah, sehingga untuk memotong (pajak) proyek-proyek infrastruktur itu semakin kecil. Ini akan menjadi daya dorong,” katanya.

Faktor ketiga, lanjut dia, perkembangan ekonomi serta kondisi sosial di Jawa Barat semakin baik, sehingga berdampak baik pula pada sektor penjualan barang dan jasa ke luar negeri. “Bandung ini salah satu eksportir utama di bidang manufactur,” katanya.

Tingkat infalasi juga di tahun ini bisa menjadi salah satu faktor yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Jika inflasi ini naik, tentu akan mengurangi daya beli masyarakat.

“Harga yang diatur pemerintah itu harus diimbangi dengan penurunan dari sisi harga pangannya. Jadi harus ekstra effort (upaya)-lah. Kenaikan harga BBM pun, asal ongkos angkut jangan dilepas, harga pangan tidak akan mengikuti,” katanya. (atp/pojokbandung)

 

loading...

Feeds

Raphael Maitimo melakukan selebrasi gol. (Riana Setiawan)

Persib Bandung Terus Dihantui Masalah

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Persib Bandung terus dihantui masalah. Selain gagal mendulang kemenangan pada dua pertandingan awalnya di pentas Liga 1 2017, …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …