Bahaya! Polisi Temukan Alat Rakit Bom Berkekuatan Ledak Tinggi di Bandung

Warga mengamati rumah rumah  kontrakan Agus Sujatno (28) terduga teroris seusai pengeledahan di Jalan Kebon Gedang III RT 02/11 Kelurahan Maleer, Batununggal, Kota Bandung, Senin (13/3). (Ramdhani)

Warga mengamati rumah rumah kontrakan Agus Sujatno (28) terduga teroris seusai pengeledahan di Jalan Kebon Gedang III RT 02/11 Kelurahan Maleer, Batununggal, Kota Bandung, Senin (13/3). (Ramdhani)

POJOKBANDUNG.com — DENSUS 88 Anti Teror berhasil membekuk dua terduga teroris yang terlibat dalam bom panci Yayat Cahdiyat di Bandung. Keduanya, Agus Sujatno alias Abu Muslim dan Soleh alias Zalzalat.

Mereka menggunakan uang pribadinya untuk mendanai aksi teror. Ditemukan 12 kg bahan peledak yang biasa disebut Mother of Satan, dengan nama ilmiah triaceton triperoxide (TATP). Bahan peledak itu masuk kategori primer high explosive.

Kadivhumas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengungkapkan, kedua terduga teroris ditangkap pada 8 Maret 2017 di Bandung. Agus ditangkap di jalan Kebun Gadang 3 kelurahan Maleker, Batu Nunggal Bandung. ”Soleh ditangkap di tempat berbeda ya,” ujarnya, tadi malam.

Yang mengerikan, dalam penggerebekan di rumah Agus ditemukan sejumlah barang bukti bahan peledak. Yakni, TATP, Hidrogen Peroksida, HCL, Aseton, Asam Nitrat, parafin, panci, kabel, paku, korep api, baterai dan selotip. ”Barang bukti ini menunjukkan masih ada upaya untuk membuat bom,” ungkap Boy.

Salah satu yang paling menyedot perhatian Densus 88 Anti Teror adalah keberadaan bahan peledak TATP. Bahan peledak ini biasa dikenal dengan sebutan mother of satan. Nama itu disematkan karena sensitifitasnya yang tinggi.

Gesekan, benturan dan suhu udara bisa menyulut bahan peledak tersebut. ”Dia sensitif sekali,” ujar seorang petugas Puslabfor Mabes Polri yang enggan disebut namanya.

Menurutnya, TATP ini merupakan bahan peledak primer high explosive yang kekuatannya ledakan mencapai 5.300 meter per detik. Bila digunakan dengan tepat, maka ledakannya bisa maksimal. ”Bahkan, rumah Agus ini bisa dibilang sebagai laboratorium yang membuat bahan peledak. Bahan peledak yang Yayat gunakan juga dibuat di sini,” tuturnya. (idr)

loading...

Feeds

ridho rhoma irama

Ridho Rhoma Bakal Direhab?

Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Adex Yudiswan menyatakan pihaknya telah menerima surat permohonan rehabilitasi Ridho Rhoma yang kini terjerat kasus …