Ridwan Kamil Tekan Disdukcapil Perbarui Sistem Pelayanan

KTP elektronik. Foto ilustrasi.

KTP elektronik. Foto ilustrasi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menekankan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) agar senantiasa memperbaharui sistem pelayanan dengan konsep juara.

“Saya harap, tidak ingin lagi ada warga yang harus datang ke kantor Disdukcapil hanya untuk mengerjakan urusan kependudukan,” ujar lelaki yang akrab disapa Emil ini, kepada wartawan, Senin (13/3).

Menurutnya, sistem pencatatan dokumen kependudukan masih belum sempurna jika warga masih harus mengantre di dinas tersebut. Selain bisa mengganggu aktivitas warga, adanya pertemuan warga dengan petugas juga bisa memicu adanya tindakan percaloan.

“(Calo) itu sudah tidak boleh lagi. Makanya itu akan dikondisikan. Makanya jangan ada lagi pertemuan dengan warga,” tutur Emil.

Di sisi lain, terkait kendala penerbitan e-KTP di Disdukcapil, Ridwan mengimbau warga agar tetap bersabar. Hal tersebut terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia karena ada kendala produksi dan distribusi di tingkat pusat.

“Dan memang masih ada kendala blanko. Yang bikin lambat itu, lelang blanko ini di pusat baru ada pemenang,” tutur Ridwan.

Menurut Emil, akan ada 7 juta blanko KTP yang akan diproduksi dalam hitungan bulan. Jadi, paling cepat pertengahan tahun baru bisa didistribusikan di Kota Bandung.
Terkait kondisi distribusi e-KTP di Kota Bandung saat ini, menurut data yang diterbitkan Disdukcapil Kota Bandung, masih ada kurang lebih 105 ribu warga yang telah melakukan perekaman namun belum mendapatkan e-KTP-nya. Sementara itu, masih ada 80.632 warga yang belum melakukan perekaman.
Menghadapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Popong W Nuraeni mengimbau warga agar segera melakukan perekaman e-KTP. Disdukcapil pun akan terus proaktif mengajak warga dengan operasi jemput bola.

“Paling tidak rekam dulu kalau blanko belum ada,” ucap Popong.

Saat ini perekaman e-KTP di Kota Bandung sudah mencapai 97%, yakni sebanyak 1.665.357 perekaman. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Disdukcapil juga mencatat akan ada 1.745.989 warga yang wajib KTP. (mur)

loading...

Feeds

Raphael Maitimo melakukan selebrasi gol. (Riana Setiawan)

Persib Bandung Terus Dihantui Masalah

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Persib Bandung terus dihantui masalah. Selain gagal mendulang kemenangan pada dua pertandingan awalnya di pentas Liga 1 2017, …
gempa tasik2

Gempa Tasik, Warga Berhamburan Keluar Rumah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Senin (24/4/2017) pukul 01.01 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, …
Hujan badai di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan Badai Kembali Terjang Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Prediksi BMKG seputar belum akan meredanya fenomena hujan disertai angin kencang dan butiran es di Kota Bandung terbukti. …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …