Perekonomian Jabar Masih Jomplang, Kepala BI Curhat ke Ketua DPRD

Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari

Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari

 

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, membeberkan kondisi perekonomian Jawa Barat yang tengah membutuhkan akselerasi agar tidak terjadi ketimpangan.

Kepala Perwakilan BI Jawa Barat (Jabar) Juda Agung menyampaikan hal itu kepada Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi, di gedung DPRD Jabar, Senin (13/3/2017).

Menurutnya kondisi perekonomian di Jawa Barat masih timpang, di mana angka kemiskinan di Jabar masih cukup tinggi namun di sisi lain pertumbuhan ekonomi meningkat signifikan.

Di sinilah peran eksekutif maupun legislatif dibutuhkan untuk menyeimbangkan kondisi tersebut.

“Harus ada sinergitas antara legislatif dan eksekutif sehingga output dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan berujung pada kesejahteraan masyarakat,” jelas Juda.

Persoalan seperti itu menurutnya cukup berat. Terlebih tantangan ekonomi ke depan dipredikasi semakin besar seperti kebijakan pemerintah soal kenaikan tarif Bahan Bakar Minyak.

Ancaman paling nyata yakni kemungkinan akan terjadinya inflasi yang cukup tinggi. “Untuk mengatasi persoalan tersebut kami akan mendorong ekonomi inklusif,” ujar dia.

Untuk meminimalisasi terjadinya inflasi, dia mengaku, pihaknya akan berupaya mendorong pengembangan kluster di sektor pangan.

Sektor ini memiliki dampak langsung kepada masyarakat menengah bawah sebab kenaikan tarif BBM tentunya akan dibarengi dengan naiknya harga-harga bahan pokok di masyarakat.

Lebih dari itu, lanjut dia, pihaknya juga akan membuat program dengan mengembangkan ekonomi berbasis syariah, wirausaha serta Usaha Mikro Kecil Menengah, dan pengembangan usaha non pertanian yang sangat banyak diminati.

“Seberat apapun tantangan ekonomi, bila pondasi perekonomian bangsa ini kuat maka keterpurukan perekonomian tidak akan terjadi,” tegasnya. (atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Persib resmi mengontrak Carlton Cole. Foto: Ramdhani

Carlton Cole Nomor 12 di Persib

Persib menjadi tim bertabur bintang internasional. Setelah Michael Essien, kini Carlton Cole, eks striker Timnas Inggris diperkenalkan di Bandung, Kamis …
motogp

Thailand Gelar Balapan MotoGP 2018

POJOKBANDUNG.com- SATU lagi negara Asia Tenggara akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP 2018. Thailand dipastikan bakal menggelar balapan kelas premium …