Pembangunan Metro Kapsul Segera Mulai di Bandung

Instagram Ridwan Kamil

Instagram Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Kepastian proyek light rail transit (LRT) Metro Kapsul Bandung menemukan titik terang. Rencana ground breaking pada Mei mendatang.

Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam akun facebooknya menyebutkan pengerjaan konstruksi jalur LTR direncanakan dilaksanakan 2-3 bulan mendatang.

Keputusan pengerjaan ground breaking sudah dibahas antara Pemkot Bandung dengan Kementerian Perhubungan bahkan Presiden RI Jojo Widodo di Istana Presiden.

“Warga Bandung, hasil rapat dengan kementrian perhubungan, Insya Allah dalam 2-3 bulan, akan segera dimulai konstruksi jalur LRT dengan teknologi Metro Kapsul. Rute prototipe: Stasiun Kebon Kawung-Alun2-Tegalega ,” kata Ridwan Kamil.

Ia mengungkapkan, penerapan inovasi transportasi ini guna mengurangi kemacetan di Kota Bandung. Tes sejauh 3 kilometer akan dilakukan dari stasiun Bandung hingga Alun-alun.

Nilai proyek pengerjaan metro kapsul sepanjang 3 kilometer sendiri sebesar Rp 500 miliar. Namun ditargetkan bisa mencapai 6 kilometer, dibagi kedalam 2 tahap.

3 kilometer pertama mulai dari Stasiun Bandung hingga Dalem Kaum dengan target operasi pada akhir tahun 2017. Dan sisanya hingga ke Tegallega ditarget beroperasi pertengahan tahun depan depan.

“Mudah-mudahan menjadi awal solusi transportasi massal menggantikan ketergantungan pada mobil/motor pribadi,” pungkasnya.

Metro Kapsul merupakan moda transportasi KA ringan berupa kapsul serupa bus dengan jalur khusus dan dioperasikan dengan kendali terpusat alias tanpa awak (driverless).

Berjalan diatas jalur beton karena menggunakan roda karet (ban), kereta Metro Kapsul dapat berjalan beriringan hingga 10 kereta secara bersama, meski tak bisa saling bersambung.

Kehadiran alternatif baru transportasi publik ini berawal dari gagasan para insinyur jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB), pada 2014 diperkenalkanlah moda transportasi baru ini kepada khalayak.

(ca/pojokbandung)

 

loading...

Feeds