Makam Tua Ditemukan di Cimahi, Cerita Mistis pun Berkembang

Komunitas Tjimahi Heritage‎ saat berada di makam keramat di Jalan Sadarmanah, RT 2/02, Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi, Minggu (12/3).

Komunitas Tjimahi Heritage‎ saat berada di makam keramat di Jalan Sadarmanah, RT 2/02, Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi, Minggu (12/3).

 

POJOKBANDUNG,com, CIMAHI – Komunitas pecinta sejarah Tjimahi Heritage menjelajah makam-makam tua, seperti makam keramat, seperti di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Baros dan Makam Haji Haris.

Makam Keramat di Jalan Sadarmanah, RT 2/02, Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi menjadi lokasi pertama yang didatangi dalam kegiatan jelajah sejarah makam tua oleh komunitas tersebut, Minggu (12/3).

Di makan itu terdapat satu makam Mbah Muyuk, yang dipercaya merupakan salah satu tokoh penting di Kota Cimahi. Bahkan, orang dari luar Cimahi banyak yang mendatanginya.

Namun, Dede Haerdar (61), juru kunci makam keramat itu mengatakan, makam Mbah Muyuk tak memiliki silsilah yang jelas. Bahkan, di batu nisan itu makamnya tidak terdapat nama lahir dan wafat seperti makam pada umumnya.

“Sampai sekarang tidak ada yang tahu. Tapi banyak warga bilang makam ini karuhunnya orang Cimahi, tapi tidak ada keturunan keluarganya. sepertinya ini silsilahnya putus,” ujar Dede

Ketua Tjimahi Heritage, Machmud Mubarok, mengatakan adanya keberadaan makam yang tidak jelas silsilahnya, namun dijadikan keramat oleh masyarakat terjadi diberbagai daerah.

Kemungkinan dulunya pernah ada orang yang ziarah dimakam itu, kemudian dikabulkan dan akhirnya dikeramatkan, padahal siapa sosok yang dimakamkan tidak diketahui.

Selain makam Mbah Muyuk, ada juga makam keramat Eyang Dalem Santoaan Wali Kundu yang merupakan tokoh ulama besar pada zamannya dan memiliki tugas menyebarkan ajaran Islam di daerah di daerah Cibeber dan Leuwigajah, Cimahi.

Wali Kundu ini, dikatakannya, merupakan keturunan dari Mbah Santoan Kobul, dari Budi Buana Soreang.

“Dari keturunan ini kemudian muncul Dalem Abdurrahman, yang dikenal sebagai Bupati Batu Layang, cikal bakal Kabupaten Bandung,” terangnya. (gat)

loading...

Feeds