Komunitas Tjimahi Heritage Mencari Jejak Makam Siti Senen, Ibunda WR Supratman

Komunitas Tjimahi Heritage‎ saat berada di makam keramat di Jalan Sadarmanah, RT 2/02, Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi, Minggu (12/3).

Komunitas Tjimahi Heritage‎ saat berada di makam keramat di Jalan Sadarmanah, RT 2/02, Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi, Minggu (12/3).

 

POJOKBANDUNG,com, CIMAHI – Komunitas pecinta sejarah Tjimahi Heritage menjelajah makam-makam tua, salah satunya ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Baros.

Di sana, mereka berusaha menelusuri keberadaan makam ibunda dari tokoh pahlawan Nasional WR Supratman, Siti Senen.

Ketua Tjimahi Heritage, Machmud Mubarok mengatakan, dalam buku sejarah dituliskan, keluarga WR Supratman sempat tinggal di Warung Contong di Cimahi. Bahkan, Supratman sempat masuk sekolah dasar (SD) Budi Utomo di Cimahi.

Akan tetapi, sampai saat ini pihaknya masih mencari dimana SD Budi Utomo tersebut, apakah sudah berganti nama atau seperti apa. “Kita belum tahu pasti, karena setelah lulus dari SD, WR Supratman kan berpindah-pindah,” ucapnya.

Kemudian, setelah kongres pemuda kedua tahun 1929-1930-an sambung Machmud, Supratman sempat sakit dan istirahat di Cimahi.

“Infromasinya WR Supratman itu menyempatkan ziarah ke makam ibunya, di TPU Baros. Nah, hanya sayangnya juru kuncinya tidak tahu di mana letaknya. Atau mungkin sudah terganti oleh makam yang lain. Ini kan sayang juga, kalau sebetulnya ada jejaknya itu menjadi semacam aset bagi kita, bahwa ada makam ibunda tokoh pahlawan nasional di TPU Baros ini,” tuturnya.

Menurut Machmud, melalui jelajah sejarah di Makam tua ini, pihaknya ingin mengenalkan bahwa Cimahi memiliki banyak sejarah. “Cimahi ini tidak cuma kaya dengan sejarah kolonial saja, sejarah tradisional termasuk makam tua ini juga banyak. Itu yang akhirnya menjadi tujuan kami memilih jelajah Makam,” pungkasnya. (gat)‎

loading...

Feeds

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

Maju Pilgub, Ridwan Kamil Umrah Dulu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Pulang Umroh, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap punya ketetapan hati untuk maju ke Pilgub 2018. “Kalau dianggap …