Pembangunan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah Harus Dipermudah

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG -DPD Real Estat Indonesia (REI) Jabar berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung kebijakan kemudahan izin pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Ketua DPD REI Jabar Irfan Firmansyah menilai, implementasi kebijakan yang berpihak pada masyarakat lemah belum sesuai harapan penerapannya baik di kabupaten maupun kota.

“Masih jauh panggang dari api,” ujar Irfan Firmansyah, di Bandung, Jumat (10/3/2017).

Dia mengaku, pihaknya mendapat surat dari pusat terkait evaluasi implementasi kebijakan ini di level pemerintah kabupaten/kota.

“Pusat sudah, sekarang tinggal pemerintah provinsi sebagai pengawas pembina terhadap implementasi di kabupaten/kota,” ucap Irfan.

Terkait itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, REI menyampaikan informasi tentang percepatan pembangunan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Dalam pertemuan tadi dibahas bagaimana supaya sertifikat tanah bisa relatif cepat dan sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Pihaknya juga membicarakan proses perizinan lokasi dan kewenangan kabupaten/kota dalam menerbitkan IMB, agar bisa berjalan cepat dan sesuai aturan. Untuk kewenangan provinsi bisa langsung tindaklanjuti dan perbaiki, tetapi untuk bupati/wali kota tidak bisa diselesaikan oleh provinsi.

“Tapi diharapkan kepala daerah bisa memberikan dukungan implementasi kebijakan pusat,” katanya.

Dia berjanji siap turut memfasilitasi keluhan REI dan sejumlah pengusaha swasta terkait hal ini dengan BPN dan kabupaten/kota. (atp/pojokbandung)

loading...

Feeds