Menikahlah, Maka Anda Akan Lebih Bahagia, Ini Buktinya

POJOKBANDUNG.com- Sebuah studi baru menemukan orang yang menikah jarang menghadapi stres psikologis daripada individu yang belum menikah.

Stres berkepanjangan dikaitkan dengan peningkatan kadar kortisol yang bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur peradangan, yang pada gilirannya mempromosikan perkembangan banyak penyakit.

Menurut studi, individu yang menikah memiliki tingkat yang lebih rendah dari hormon stres kortisol dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menikah.

Hal ini menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology.

“Hal ini secara fisiologis bisa menjelaskan bagaimana suatu hubungan memengaruhi kesehatan dan penyakit,” kata salah satu peneliti, Brian Chin, seperti dilansir laman Inida Times.

Selama tiga hari berturut-turut, para peneliti mengumpulkan sampel air liur dari 572 orang dewasa sehat 21-55 tahun. Beberapa sampel diambil selama setiap periode 24 jam dan kortisol mereka diuji.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang menikah memiliki kadar kortisol lebih rendah daripada mereka yang tidak pernah menikah.

Para peneliti juga membandingkan ritme kortisol harian setiap orang, biasanya, kadar kortisol puncak ketika seseorang bangun dan mengalami penurunan sepanjang hari.

Mereka yang menikah menunjukkan penurunan kortisol lebih cepat, pola yang telah dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung dan kelangsungan hidup lebih lama di antara pasien kanker.

“Data ini memberikan wawasan penting ke dalam cara di mana hubungan sosial yang intim bisa memengaruhi kesehatan Anda,” kata co-author, Sheldon Cohen, Profesor di Carnegie Mellon University.

 

loading...

Feeds