Hadapi Ledakan Penduduk, Pemprov Fokus ke Pendidikan dan Kesehatan

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Yerry Yanuar. Foto: Ist

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Yerry Yanuar. Foto: Ist

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memokuskan pembangunan pada bidang pendidikan dan kesehatan. Kedua bidang ini menjadi landasan utama untuk mengurangi kemiskinan dalam mengantisipasi bonus demografi 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Yerry Yanuar mengatakan, untuk meningkatkan partisipasi pendidikan terutama di tingkat perguruan tinggi Jawa Barat melakukan terobosan-terobosan dengan mendirikan universitas/sekolah tinggi di luar domisili.

Contohnya, ITB membangun kampus di Cirebon, Unpad di Pangandaran, dan IPB di Sukabumi.

“Ini dibangun berdasarkan karakteristik yang ada di masing-masing daerah,” kata Yerry di kantornya, Jalan Ir H Djuanda Kota  Bandung, Jumat (10/3/2017).

Selain pemerataan perguruan tinggi, pemprov juga akan meningkatkan kapasistas dari perguruan tinggi swasta. Tujuannya, guna meningkatkan sumber daya manusia.

“Karena apalah artinya kalau kita membangun investasi yang bagus tetapi masyarakatnya tidak dapat menikmati,” kata Yerry.

Untuk fasilitas kesehatan di daerah, lanjut Yeri, pihaknya melakukan pemerataan di beberapa daerah. Di Kabupaten Pangandaran pihaknya menyiapkan anggaran Rp41 miliar yang bersumber dari Rp36 miliar dari APBD Jawa Barat dan Rp5 miliar dari APBD Kabupaten Pangadaran.

“Tahun 2017 kami membuat background study untuk melihat posisi Jawa Barat seperti apa di kancah nasional baik dilihat dari aspek pemerintahan, budaya, fisik, dan ekonomi,” katanya. (atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Kemacetan terjadi di beberapa ruas jalan di Kota Bandung di libur Hari Nyepi, Selasa (28/3), salah satunya di Jalan IR.H Djuanda (Dago). Foto: Riana Setiawan

Libur Nyepi, Bandung Dibanjiri Wisatawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  Libur Hari Raya Nyepi, dimanfaatkan masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sepanjang hari ini, Selasa (28/3). Banyak masyarakat lokal yang …