Kebutuhan 3.6 Juta Blanko E-KTP Jabar di Bulan April Belum Tentu Terpenuhi

e-KTP

e-KTP

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemprov Jabar belum tentu dijatahi blanko KTP elektronik (e-KTP) sesuai kebutuhan sekitar 3,6juta lembar oleh Kementerian Dalam Negeri pada April mendatang.

Kemendagri tahun ini baru mengeluarkan blanko sekitar 25 juta lembar untuk seluruh Indonesia.

“Kebutuhan Jawa Barat tahun ini kan kurang lebih sekitar 3.6 juta lembar. Itupun Kemendagri mengeluarkannya secara bertahap, rencana tahap awal hanya 7juta lembar untuk kebutuhan nasional,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jawa Barat, Abas Basari, kepada pojokbandung.com, saat dihubungi, Kamis (9/3/2017).

Ia merinci, dari sekitar 3,6juta itu, sebanyak 1.431.460 warga Jawa Barat sudah menjalani perekaman data, tinggal masuk pada proses pencetakan blanko. Sebanyak 950ribu warga sudah mendaftar tetapi belum menjalani perekaman data.

“Permintaan e-KTP ini akan terus bertambah dari pemula yang baru menginjak usia 17 tahun, belum lagi anggota TNI Polri yang baru pensiun,” katanya.

Abas mengakui tanda identitas kependudukan ini merupakan kebutuhan vital masyarakat, maka proses perekaman data tak henti dilakukan. Namun masalah pengadaan blanko sepenuhnya berada di bawah kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri.

“Jawa Barat sendiri tentu dituntut secepatnya memenuhi kebutuhan masyarakat ini, apalagi sebentar lagi (tahun 2018) akan diselenggarakan Pilkada Serentak dan Pilgub Jabar,” tegasnya. (atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

ridho rhoma irama

Ridho Rhoma Bakal Direhab?

Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Adex Yudiswan menyatakan pihaknya telah menerima surat permohonan rehabilitasi Ridho Rhoma yang kini terjerat kasus …