Perempuan Bandung Tuntut Upah untuk Ibu Rumah Tangga

Peringatan Hari Perempuan Internasional di Gedung Sate, Rabu (8/3/2017). Foto: Iman Herdiana

Peringatan Hari Perempuan Internasional di Gedung Sate, Rabu (8/3/2017). Foto: Iman Herdiana

 

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sejumlah aktivis Bandung yang tergabung dalam Komite Perjuangan Pembebasan Perempuan melakukan unjuk rasa memeringati Hari Perempuan Internasional yang jatuh Rabu (8/3/2017).

Aksi yang dimulai pukul 14.00 WIB itu dilakukan di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung. Mereka mengusung berbagai spanduk bertuliskan “Komite Perjuangan Pembebasan Perempuan: Perempuan Bersatu, Berjuang untuk Demokrasi, Kesetaraan, dan Kesejahteraan.”

Mereka juga mengusung poster tokoh-tokoh perempuan yang memperjuangkan lahirnya Hari Perempuan Internasional yang diperingati dunia tiap 8 Maret.

Tampak poster tokoh perempuan Indonesia dan internasional, antara lain Marsinah, SK Trikurti, Kartini, Inggit Garnasih, Leila Khaled (Palestina), Clara Zetkin (Jerman), Camila valejo (Cile), dan lain-lain.

Aksi ini juga diwarnai orasi, teatrikal, dan pembagian selebaran kepada pengguna jalan yang melintas di depan Gedung Sate.

“Bagi saya, Hari Perempuan Internasional menjadi tonggak perjuangan perempuan, bukan hanya peringatan seremonial belaka, misalnya bagi-bagi bunga,” kata wakil koordinator lapangan Gesia Nurlita.

Ia mengatakan, saat ini perempuan masih dicengkram sistem kapitalisme dan budaya patriarki (laki-laki).

“Peringatan ini harus jadi tonggak perjuangan untuk melawan sistem kapitalisme dan memperjuangkan kesejahteraan dan kesetaraan perempuan.”

Aksi ini menyerukan 37 tuntutan, antara lain menuntut upah untuk ibu rumah tangga, kesetaraan hak dan perlakuan perempuan dengan laki-laki di tempat kerja, naikan upah buruh 50 persen, pendidikan gratis, ilmiah dan demokratis, dan lainnya.  (imn/pojokbandung)

loading...

Feeds

Muhammadiyah tetapkan Ramadan 2017. Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)

Ramadan Tahun Ini Diprediksi 29 Hari

POJOKBANDUNG.com– BULAN Ramadan tahun ini diprediksi berlangsung tidak genap 30 hari. sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, PP Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadan …
Raphael Maitimo melakukan selebrasi gol. (Riana Setiawan)

Persib Bandung Terus Dihantui Masalah

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Persib Bandung terus dihantui masalah. Selain gagal mendulang kemenangan pada dua pertandingan awalnya di pentas Liga 1 2017, …
gempa tasik2

Gempa Tasik, Warga Berhamburan Keluar Rumah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Senin (24/4/2017) pukul 01.01 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, …