Awas, Waspadai Potensi Bahaya Longsor di Kawasan Maribaya Lembang

Ruas jalan menuju objek wisata kawasan Maribaya mengalami longsor. (ist)

Ruas jalan menuju objek wisata kawasan Maribaya mengalami longsor. (ist)

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Hujan deras yang terus mengguyur di wilayah Lembang, Kab Bandung Barat mengakibatkan Jalan Maribaya Timur mengalami ambles sepanjang sekitar 15 meter.

Meskipun masih bisa dilalui kendaraan, jalan yang menghubungkan Desa Langensari – Cibodas itu rawan mengalami longsor susulan.

“Sisi jalan ambrol ke dasar jurang sedalam sekitar 30 meter, sehingga lalu lintas kendaraan dari arah berlawanan harus bergantian melewati jalan,” kata warga setempat, Asep Sopian.

Padahal, ungkapnya, setiap akhir pekan Jalan Maribaya selalu ramai dilalui kendaraan, termasuk bus berukuran besar dan sedang. Pasalnya, di daerah Cibodas terdapat tempat wisata. Jalan itu menjadi akses satu-satunya untuk menuju ke Cibodas, di samping ke Suntenjaya.

“Untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, warga sudah membuat pagar pembatas pengaman dan papan peringatan. Namun, karena minim penerangan, pengendara diharapkan berhati-hati saat melewati jalan ini pada malam hari, karena jalan di tengah kawasan hutan ini jadi gelap,” katanya.

Ia pun mengharapkan, longsoran jalan segera ditangani sebelum terjadi longsor sisilan. Apalagi jurang di pinggir jalan itu mencapai kedalaman sekitar 150 meter.

“Sudah ada retakan baru di badan jalan. Kalau tidak cepat-cepat diperbaiki dikhawatirkan bisa membahayakan pengguna jalan,” katanya. (bie)

loading...

Feeds

Ilustrasi

UNBK, 9 Mts di Cimahi Terpaksa Numpang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kementerian Pendidikan menganjurkan pelaksanaan UN untuk tingkat SMP dan MTs dilakukan dengan sistem berbasis komputer, guna meningkatkan …