Terbantu Program BPJS Kesehatan Saat Melahirkan Si Buah Hati

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Kepesertaan BPJS Kesehatan, bisa dirasakan warga sangat membantu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Salah satunya seperti yang dirasakan oleh Tini Rosmiati. Ibu dua anak ini sudah lima tahun menjadi anggota BPJS Kesehatan dengan nomor kepesertaan 0001189760253.

Dia menyatakan, tak terbayang jika dirinya sekeluarga tidak ikutan BPJS, berapa besar biaya yang harus ditanggung, misalnya saat melahirkan putra keduanya. “Jika tidak ada BPJS lumayan sekali ya, karena waktu itu persalinannya caesar,” tuturnya, kepada Pojokbandung, Selasa (28/2/2017).

Ia menceritakan proses kelahiran Fathur pada 2016 lalu. Fathur adalah putra bungsunya yang dilahirkan di RSAU dr. M. Salamun, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung.

Tini sendiri warga Kabupaten Bandung Barat. Kampungnya berbatasan dengan Kota Bandung, sehingga ia mendapat fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bandung.

Saat melahirkan Fathur, ia mendapatkan pelayanan kelas 2, dan dirawat selama tiga hari. “Semua obat dan pelayanan gratis. Pelayanannya pun baik dan lancar, yang penting kita sudah menyiapkan persyaratan,” katanya.

Sebagai perbandingan, Tini menuturkan kelahiran putra pertamanya bernama Naufal berusia 5,5 tahun. Proses persalinan Naufal juga harus  operasi caesar. Waktu itu, Tini belum mendaftar BPJS. Sehingga mau tidak mau harus menanggung biaya persalinan dengan uang pribadi. “Biaya operasi cesar waktu itu cukup besar sekitar 11 jutaan,” katanya.

Bahkan, wanita kelahiran 12 Mei 1990 ini mengatakan, BPJS Kesehatan bukan hanya memberikan manfaat untuk masalah-masalah kesehatan yang besar saja. Untuk pemeriksaan rutin atau sakit biasa, BPJS Kesehatan juga bisa diandalkan.

“Jika saya, suami, atau anak perlu diperiksa dokter, kita pakai BPJS Kesehatan juga. Penanganan dan pengobatannya ditanggung. Layanan kesehatannya pun lancar,” katanya yang biasa memakai fasilitas kesehatan di sebuah klinik di daerah Gegerkalong, Kota Bandung.

(imn/pojokbandung)

 

loading...

Feeds