Menariknya Gunung Padang, Mistis sampai Dikunjungi Empat Presiden  

Situs Gunung Padang Cianjur. Foto: Jawa Pos

Situs Gunung Padang Cianjur. Foto: Jawa Pos

 

POJOKBANDUNG.com – Salah satu objek wisata menarik di Jawa Barat adalah situs prasejarah Gunung Padang. Gunung ini kerap disebut situs megalithikum karena usianya yang tua, konon lebih tua dari piramida di Mesir.

Gunung Padang terletak di Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Nah, ada beberapa hal menarik yang kamu harus ketahui di balik megahnya situs ini.

1. Lebih Tua dari Piramida Giza

Berbagai temuan tim terpadu penelitian mandiri Gunung Padang melakukan uji radiometrik karbon (carbon dating, C14). Menariknya, hasil uji karbon pada laboratorium Beta Miami, di Florida AS menerka bahwa karbon yang didapat dari pengeboran pada kedalaman 5 meter sampai dengan 12 meter berusia 14.500-25.000 tahun. Penelitian ini mengklaim permukaan situs Gunung Padang terbukti secara ilmiah lebih tua dari Piramida Giza.

2.Nagara Siang Padang

Dahulu Situs Gunung Padang mempunyai nama lain yaitu Nagara Siang Padang yang artinya, Nagara berarti negara, Siang berarti kesiangan atau telat, atau penghujung, atau akhir. Lalu Padang berarti cahaya atau penerang.

3.Dikunjungi Empat Presiden

Ada empat presiden yang yang pernah berkunjung ke Gunung Padang, mulai dari Presiden Sukarno, Presiden Soeharto, Presiden Megawati Soekarnoputri, hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

gunung padang

loading...

Feeds

Ilustrasi

UNBK, 9 Mts di Cimahi Terpaksa Numpang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kementerian Pendidikan menganjurkan pelaksanaan UN untuk tingkat SMP dan MTs dilakukan dengan sistem berbasis komputer, guna meningkatkan …