Tolong, Korban Banjir Bandang Gunung Halu Butuh Bantuan

Warga berusaha menyelamatkan barang milik mereka pascabanbjir bandung menerjang Gununghalu, Kab Bandung Barat, Kamis (23/2). (Dokumentasi BPBD)

Warga berusaha menyelamatkan barang milik mereka pascabanbjir bandung menerjang Gununghalu, Kab Bandung Barat, Kamis (23/2). (Dokumentasi BPBD)

POJOKBANDUNG.com, GUNUNG HALU – Intensitas hujan yang tinggi yang mengguyur kawasan Gunung Halu, Kab Bandung Barat membuat beberapa sungai meluap.

Tak sedikit rumah warga yang tenggelam mendadak karena tinggal dekat bibir sungai. Bahkan, jembatan penghubung  Gununghalu-Ciwidey Kabupaten Bandung rusak.

Warga setempat, Risma Fatonah (23) tak menyangka rumahnya, Kamis (23/2) tenggelam. Begitu banjir datang, dia pun tak sempat menyelamatkan barang-barang. Kini, Risma berharap bantuan selimut, tikar, beras dan pakaian.

BACA JUGA:

Video Detik-detik Banjir Bandang Terjang Puluhan Rumah di Gunung Halu

Pasar Tradisional Butuh Lift dan Eskalator

“Saat ini warga membutuhkan selimut, tikar, beras dan pakaian. Karena pada saat banjir, beras terendam air. Begitu juga dengan pakaian dan kasur,” jelasnya.

banjir gunug halu2

Hujan yang mengguyur Kab Bandung Barat, Kamis (23/2) lalu membuat Sungai Cidadap meluap. Volume air yang tinggi dan ada longsoran di aliran hulu sungai, menyebabkan arus air tersumbat. Air sungai pun meluap.

Dua kali banjir bandang datang, sekitar pukul 14.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. Air disertai arus yang cukup kuat menghantam.

banjir gunung halu

Ketinggian air mencapai 3 meter meter, bahkan lebih. Air menghantam permukiman warga, sebuah jembatan yang melintang di sungai tersebut rusak dan ratusan hektare lahan pertanian rusak.

Jembatan yang menghubungkan Gununghalu-Ciwidey Kabupaten Bandung rusak dan tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Selain itu, sekitar 19 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Tonjong Desa Sirnajaya Kecamatan Gununghalu mengungsi.

Menurut Kapolsek Gununghalu AKP Ihkwan Heriyanto, banjir tersebut tidak berlangsung lama. Sekitar pukul 18.00 sudah surut.

“Lepas Magrib, semua warga telah kembali ke rumah masing-masing. Mereka mulai membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah,” kata Ihkwan.

Dia menegaskan, polisi bersama pihak terkait melakukan inventarisasi. Tidak ada kerusakan parah dari rumah-rumah yang terendam dan belum ada informasi mengenai korban jiwa.

Selain itu, dia mengatakan, jembatan penghubung Gununghalu-Ciwideuy saat ini hampir putus, sehingga tak bisa dilalui kendaraan roda empat. (bie)

loading...

Feeds

Ekspresi Valentino Rossi di atas podium MotoGP Spanyol. Foto: AFP

Manfaatkan Sirkuit Assen, Rossi!

POJOKBANDUNG.com, ASSEN – Rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi menyambut balapan seri ke-8; MotoGP Belanda di Assen, Minggu (25/6) malam dengan …