Hasil Pilkada Cimahi Kapan Diumumkan? Berikut Skenario KPU

Pilkada Cimahi 2017 (Riana Setiawan)

Pilkada Cimahi 2017 (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Rekapitulasi penghitungan suara resmi Pilkada Cimahi ditargetkan rampung pada 22 Februari 2017, meskipun deadline waktunya hingga 24 Februari 2017.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Cimahi, Handi Dananjaya mengatakan, karena Kota Cimahi hanya memiliki tiga kecamatan, jadi tidak ada alasan untuk berlama-lama melakukan penghitungan suara. “Tentunya KPU akan upayakan penghitungan suara selesai lebih awal,” katanya.

Untuk teknis perhitungan suara, ia mengungkapkan, pihaknya akan melakukan rekap suara hasil dari Panitia Perhitungan Kecamatan (PPK) per tanggal 16 sampai 21 Februari.

Setelah itu, KPU melakukan perhitungan manual untuk memastikan pasangan calon yang menjadi pemenang Pemilu. “Jadi pengumuman hasil Pilkada sekitar Maret tanggal 8, dan itu sudah tanpa sengketa. Kalaupun ada gugatan tunggu hasil sengketa dari Mahkamah Konstitusi,” terangnya.

Untuk paslon yang akan menyengketakan hasil pemilu jika merasa ada kecurangan, tenggat waktu tiga hari setelah hasil rekapitulasi KPU.

Namun demikian, handi mengklaim, sejauh ini Pilkada Cimahi berlangsung lancar tanpa adanya gugatan dari setiap paslon.

“Dalam sebuah kompetisi pasti ada pemenang dan yang kalah. Itu sudah lumrah, jadi bagi yang menang jangan sampai berlebihan dan yang kalah sama-sama menjaga kondusifitas,” pungkasnya. (gat)‎

loading...

Feeds

Ilustrasi (ist)

Ramadan Datang, Gepeng Serbu Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Keberadaan gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kota Cimahi terus dipantau, khususnya ramadan dan jelang Lebaran yang cenderung …