Ingat! Tak Lama Lagi MUI Keluarkan Fatwa Bergaul di Medsos

POJOKBANDUNG.com- MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) dalam waktu dekat akan mengeluarkan fatwa tentang bergaul di media sosial (medsos). Rencana MUI mengeluarkan fatwa itu didasari fakta bahwa medsos menjadi wadah untuk menebar kebencian, fitnah dan adu domba.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI ‎Asrorun Niam mengatakan, saat ini pihaknya masih memantapkan tinjauan hukum Islam dalam masalah medsos. “Insya Allah pekan ketiga (Februari, red) fatwanya sudah keluar,” katanya di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Asrorin menjelaskan, ada pergaulan di medsos yang tidak terjangkau sepenuhnya oleh hukum positif di Indonesia. Misalnya, aparat hanya bisa bergerak bila ada laporan dari pengguna medsos yang merasa dirugikan.

 Karenanya MUI berupaya mengambil peran dengan mencegah netizen berkomentar negatif di medsos. Misalnya, di dalam Islam ada larangan memfitnah, gibah dan adu domba.

“Namun, kalau dilihat dari komentar di medsos sepertinya sudah terlalu jauh. Akibatnya saling mencerca, musuhan, dan hal negatif lainnya,” tandasnya.

Asrorun berharap dengan adanya fatwa MUI nanti maka para pengguna medsos‎ bisa menjaga diri agar lebih beretika dan tidak menyebar kebencian yang bisa merusak tatanan hidup berbangsa. (esy/jpnn/pojokbandung)

loading...

Feeds

nagreg

H+3, Arus Balik di Nagreg Masih Normal

POJOKBANDUNG.com, NAGREG- Memasuki H+4 lebaran tahun ini, arus balik di jalur selatan antara Malangbong (Garut)-Nagreg (Bandung) terpantau lancar. Hanya di …
Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …