Ini Dia Varian “Fla” dalam Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo khas Sulawesi Selatan telah banyak ditemui di Kota Bandung

Es Pisang Ijo khas Sulawesi Selatan telah banyak ditemui di Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Siapa yang tidak tahu es pisang ijo, kuliner asal Sulawesi Selatan, Makassar ini mudah di temui, meskipun di Kota Bandung. Pisang Ijo bukan lagi jenis kuliner yang aneh bagi warga Bandung. Di setiap titik Kota Bandung, kita bisa menemui penjual es pisang ijo yang menggunakan gerobak.

Es pisang ijo merupakan minuman asli Makassar yang kini banyak terdapat di beberapa kota. Minuman ini sangat cocok untuk dijadikan pelepas dahaga atau penunda lapar, Maklum, pisang yang berbalut adonan berwarna hijau itu lumayan besar dan mengenyangkan.

Es pisang ijo ini terdiri dari pisang yang digulung dengan adonan tepung berwarna hijau. Adonan tersebut yang akan membalut pisang, sehingga dikenal dengan pisang ijo. Pisang yang digunakan biasa digunakan untuk minuman pisang ijo adalah pisang raja yang tua atau telah menguning.

Es Pisang ijo lezat murah di bandung

Kelezatan minuman pisang ijo ditambah dengan adanya fla atau sejenis saus yang dicampur dalam minuman tersebut. Ada beberapa varian fla yang disediakan, seperti coklat, vanilla, durian, strawberry dan lainnya. Kemudian, diberi susu, seres, kacang, serta es batu.

Rasa manis dari beberapa campuran bersatu dengan es batu, membuat kesegaran terasa ditenggorokan, belum lagi pisang ijo yang kenyal dengan pelapis dari terigu. Maka tidak hanya sekedar melepas dahaga ketika mencicipi minuman ini, tapi juga bisa untuk mengganjal perut.

Harga untuk satu porsi pisang ijo pun tidak akan merogoh  kocek terlalu dalam. Satu pisang ijo dimulai dari harga Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu, sesuai dengan jenis topping yang digunakan. Biasanya, ada tambahan toping seperti kacang dan keju. Ada juga yang mengganti susu kental menjadi sirup, tergantung selera penikmat pisang ijo

Es Pisang ijo lezat murah di bandung

“Biasanya jualan dengan gerobak saja, paling ada beberapa yang jual di restoran, beda lagi toppingnya. Kalau yang digerobak gak beda jauh sama aslinya di Makassar, tergantung selera saja. Di Bandung, rata-rata ada flanya, seres, kacang, lalu sirupnya,” ujar salah satu pedagang pisang ijo, Maman. (raj/bas)

loading...

Feeds

Ilustrasi

UNBK, 9 Mts di Cimahi Terpaksa Numpang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kementerian Pendidikan menganjurkan pelaksanaan UN untuk tingkat SMP dan MTs dilakukan dengan sistem berbasis komputer, guna meningkatkan …